Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Hallo sahabat Pns oh Pns, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Analisis SKL, Artikel dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017, Artikel KI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
link : Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Baca juga


Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://silabusk13.blogspot.com
Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan

Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.
Contoh :
3.2 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, kegiatan di lingkungan sekolah dalam bentuk teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
4.2 Menggunakan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, kegiatan di lingkungan sekolah dalam bentuk teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Download juga Analisis SKL,KI, dan KD Fisika Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti (KI) merupakan pijakan pertamapencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam skema gambar berikut.
  • Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
  • Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
  • Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukanmelalui pembelajaran langsung.
  • Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperolehpembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
  • Rangkaian dari SKL, KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabusdan RPP
Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan merupakan 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Pemahaman guru terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD dapat membantu guru dalam mengembangkan IPK yang dijadikan dasar dalam menentukan pembelajaran dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter melalui literasi dan pengembangan keterampilan Abad 21.
Download juga Analisis SKL,KI, KD Matematika Peminatan Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman yang merupakan salah satu pembelajaran bahasa asing yang dilaksanakan secara alami atau Learning by doing. Dalam proses pembelajaran peserta didik difasilitasi untuk melakukan kegiatan berbahasa dengan situasi yang alami dan dilakukan melalui pembiasaan. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman seperti diamanatkan dalam Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan saintifik, yang kurang lebih bermakna ‘alami, sesuai fitrah manusia’.

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman yang dituturkan secara alami dapat mengembangkan karakter yang melekat dengan pembelajaran bahasa seperti, sopan, santun. percaya diri, mandiri, bahkan melalui bahasa bisa dipelajari budaya sendiri dan budaya bangsa lain. Hal ini memberi peluang untuk menjadikan bahasa sebagai jembatan penguat nasionalisme dan toleran terhadap budaya orang lain.

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman di kelas X memproses 6 KD pengetahuan dan 6 KD keterampilan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang menargetkan peserta didik di SMA mampu menggunakan beragam fungsi sosial kebahasaan untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulis dalam berbagai situasi dan topik dengan bahasa dan Sastra Jerman yang sederhana setara level A1 berdasarkan standar Gemeinsame Europäische Referenzrahmen (GER).Untuk itu perencanaan pembelajaran bahasa dan Sastra Jerman menjadi bagian penting untuk merancang ketercapaian SKL. Perencanaan pembelajaran dimulai dari analisis kompetensi dari KI –KD sampai ke pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).
Download juga Analisis SKL,KI, KD Ekonomi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk dapat melakukan analisis kompetensi dan mengembangkan IPK disarankan agar Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Bahasa dan Sastra Jerman, dan mempelajari karakteristik peserta didik untuk mengembangkan nilai nilai pembentukan karakter mengembangkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Analisis Dokumen SKL, KI, KD, Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.



https://silabusk13.blogspot.com
Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan

Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.
Contoh :
3.2 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, kegiatan di lingkungan sekolah dalam bentuk teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
4.2 Menggunakan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, kegiatan di lingkungan sekolah dalam bentuk teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Download juga Analisis SKL,KI, dan KD Fisika Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti (KI) merupakan pijakan pertamapencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam skema gambar berikut.
  • Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
  • Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
  • Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukanmelalui pembelajaran langsung.
  • Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperolehpembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
  • Rangkaian dari SKL, KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabusdan RPP
Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan merupakan 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Pemahaman guru terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD dapat membantu guru dalam mengembangkan IPK yang dijadikan dasar dalam menentukan pembelajaran dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter melalui literasi dan pengembangan keterampilan Abad 21.
Download juga Analisis SKL,KI, KD Matematika Peminatan Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman yang merupakan salah satu pembelajaran bahasa asing yang dilaksanakan secara alami atau Learning by doing. Dalam proses pembelajaran peserta didik difasilitasi untuk melakukan kegiatan berbahasa dengan situasi yang alami dan dilakukan melalui pembiasaan. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman seperti diamanatkan dalam Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan saintifik, yang kurang lebih bermakna ‘alami, sesuai fitrah manusia’.

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman yang dituturkan secara alami dapat mengembangkan karakter yang melekat dengan pembelajaran bahasa seperti, sopan, santun. percaya diri, mandiri, bahkan melalui bahasa bisa dipelajari budaya sendiri dan budaya bangsa lain. Hal ini memberi peluang untuk menjadikan bahasa sebagai jembatan penguat nasionalisme dan toleran terhadap budaya orang lain.

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jerman di kelas X memproses 6 KD pengetahuan dan 6 KD keterampilan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang menargetkan peserta didik di SMA mampu menggunakan beragam fungsi sosial kebahasaan untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulis dalam berbagai situasi dan topik dengan bahasa dan Sastra Jerman yang sederhana setara level A1 berdasarkan standar Gemeinsame Europäische Referenzrahmen (GER).Untuk itu perencanaan pembelajaran bahasa dan Sastra Jerman menjadi bagian penting untuk merancang ketercapaian SKL. Perencanaan pembelajaran dimulai dari analisis kompetensi dari KI –KD sampai ke pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).
Download juga Analisis SKL,KI, KD Ekonomi Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk dapat melakukan analisis kompetensi dan mengembangkan IPK disarankan agar Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Bahasa dan Sastra Jerman, dan mempelajari karakteristik peserta didik untuk mengembangkan nilai nilai pembentukan karakter mengembangkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Analisis Dokumen SKL, KI, KD, Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.

DOWNLOAD JUGA DI SINI



Demikianlah Artikel Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sekianlah artikel Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Analisis SKL,KI, dan KD Bahasa Jerman Kelas X SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan alamat link http://pnsohpns.blogspot.com/2018/12/analisis-sklki-dan-kd-bahasa-jerman.html

Subscribe to receive free email updates: