Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Hallo sahabat Pns oh Pns, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Analisis SKL, Artikel KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017, Artikel KI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017
link : Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Baca juga


Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://silabusk13.blogspot.com/
Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD).
Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.
Contoh: Kutipan pasangan Kompetensi Dasar (KD) Mata pelajaran PPKn yang ada di Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, lampiran 20. adalah : 

1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
Download juga SKL, KI, KD PJOK Kelas VII SMP K13 Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan adalah muara utama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan Kompetensi Inti adalah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran Kompetensi Inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan kompetensi dasar.
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan Guru/ jenjang Guru tertentu
  • Kompetensi Inti adalah muara kompetensi kelas pencapaian semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti atau kelas tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan sebagai berikut.
a. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
b. Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan melalui pembelajaran langsung.
c. Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
d. Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dan RPP.
Download juga SKL, KI,KD IPS Kelas IX SMP Kurikulum 2013 revisi 2017

Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan Materi

Pembelajaran Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Melalui pemahaman keterkaitan kompetensi (SKL,KI-dan KD), maka guru yang mengampu mata pelajaran PPKn dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak hanya keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berpikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan abstrak dan konkrit.

Menentukan nilai-nilai utama karakter

Lima nilai utama karakter akan diperkuat dalam proses pembelajaran disesuaikan dengan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh peserta didik dengan memperhatikan indikator nilai sesuai dengan Kompetensi Dasar. Lima nilai utama karakter tersebut adalah;
a. Religiositas seperti; beriman dan bertaqwa; bersih, toleransi, cinta lingkungan
b. Nasionalisme seperti; Cinta Tanah Air, Semangat Kebangsaan, Menghargai Kebhinekaan.
c. Kemandirian seperti; Kerja Keras, Kreatif, Disiplin, Pemberani, dan Pembelajar.
d. Gotong-royong seperti; Kerjasama, Solidaritas, Saling Menolong, dan Kekeluargaan.
e. Integritas seperti; Kejujuran, Keteladanan, Kesantunan, dan Cinta Pada Kebenaran.

Nilai-nilai utama karakter tersebut dioperasionalkan dalam pembelajaran dan penilaian, sehingga mudah diobservasi dan terukur. Nilai utama karakter yang dapat dikembangkan adalah religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong-royong, dan integritas. Nilai-nilai karakter tersebut dapat dioperasionlakan sesuai dengan tuntutan Kompetensi Inti dan nilai-nilai operasional karakter, misalnya kerja keras, rasa ingin tahu, cermat, teliti, dan kerjasama
Download juga SKL, KI, KD Matematika Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk selanjutnya, anda juga dituntut untuk mengembangkan keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan disesuaikan dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Keterkaitan antara SKL, KI,KD, dan Pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP kurikulum 20113 revisi 2017 silahkan unduh filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.


https://silabusk13.blogspot.com/
Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD).
Kompetensi Inti mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.
Contoh: Kutipan pasangan Kompetensi Dasar (KD) Mata pelajaran PPKn yang ada di Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, lampiran 20. adalah : 

1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
Download juga SKL, KI, KD PJOK Kelas VII SMP K13 Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan adalah muara utama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan Kompetensi Inti adalah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran Kompetensi Inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan kompetensi dasar.
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan Guru/ jenjang Guru tertentu
  • Kompetensi Inti adalah muara kompetensi kelas pencapaian semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti atau kelas tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan sebagai berikut.
a. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
b. Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan melalui pembelajaran langsung.
c. Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
d. Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian tertuang dan RPP.
Download juga SKL, KI,KD IPS Kelas IX SMP Kurikulum 2013 revisi 2017

Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan Materi

Pembelajaran Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Melalui pemahaman keterkaitan kompetensi (SKL,KI-dan KD), maka guru yang mengampu mata pelajaran PPKn dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak hanya keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berpikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan abstrak dan konkrit.

Menentukan nilai-nilai utama karakter

Lima nilai utama karakter akan diperkuat dalam proses pembelajaran disesuaikan dengan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh peserta didik dengan memperhatikan indikator nilai sesuai dengan Kompetensi Dasar. Lima nilai utama karakter tersebut adalah;
a. Religiositas seperti; beriman dan bertaqwa; bersih, toleransi, cinta lingkungan
b. Nasionalisme seperti; Cinta Tanah Air, Semangat Kebangsaan, Menghargai Kebhinekaan.
c. Kemandirian seperti; Kerja Keras, Kreatif, Disiplin, Pemberani, dan Pembelajar.
d. Gotong-royong seperti; Kerjasama, Solidaritas, Saling Menolong, dan Kekeluargaan.
e. Integritas seperti; Kejujuran, Keteladanan, Kesantunan, dan Cinta Pada Kebenaran.

Nilai-nilai utama karakter tersebut dioperasionalkan dalam pembelajaran dan penilaian, sehingga mudah diobservasi dan terukur. Nilai utama karakter yang dapat dikembangkan adalah religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong-royong, dan integritas. Nilai-nilai karakter tersebut dapat dioperasionlakan sesuai dengan tuntutan Kompetensi Inti dan nilai-nilai operasional karakter, misalnya kerja keras, rasa ingin tahu, cermat, teliti, dan kerjasama
Download juga SKL, KI, KD Matematika Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk selanjutnya, anda juga dituntut untuk mengembangkan keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan disesuaikan dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Keterkaitan antara SKL, KI,KD, dan Pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP kurikulum 20113 revisi 2017 silahkan unduh filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.

DOWNLOAD JUGA DI SINI



Demikianlah Artikel Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sekianlah artikel Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan alamat link http://pnsohpns.blogspot.com/2019/01/analisis-skl-kikd-ppkn-kelas-viii-smp.html

Subscribe to receive free email updates: