RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Hallo sahabat Pns oh Pns, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
link : RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Baca juga


RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://silabusk13.blogspot.com
RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Mata pelajaran IPS pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs dilanjutkan dan tidak terpisahkan dari mata pelajaran Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah pada jenjang SMA/MA. Oleh karena itu, pengembangan kompetensi Mata Pelajaran IPS SMP/MTs memperhatikan prinsip relevansi dan keberlanjutan (kontinuitas) dari kompetensi yang telah diberikan sebelumnya.

Khusus dalam pembelajaran IPS SMP/MTS sebagaimana Peta Kompetensi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas I – XII, kompetensi itu dicapai secara bertahap dalam tingkat perkembangannya mulai dari kelas VII sampai dengan IX. Pada Kelas VII-IX, kompetensi mata pelajaran IPS SMP/MTs dirumuskan sebagai berikut:

a. peserta didik pada kelas VII dan VIII diharapkan memahami konsep ruang dan interaksi antarruang dalam lingkup nasional dan ASEAN serta pengaruhnya terhadap kehidupan, dinamika interaksi sosial budaya dan kegiatan ekonomi dalam mendukung keberlanjutan kehidupan masyarakat, perubahan dan kesinambungan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa praaksara sampai masa pergerakan kebangsaan.
b. peserta didik pada kelas IX diharapkan memahami konsep ruang dan interaksi antarruang pada lingkup global, perubahan sosial, budaya, dan ketergantungan ekonomi dalam menghadapi arus globalisasi, perubahan dan kesinambungan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kemerdekaan sampai masa reformasi.

KI dan KD mata pelajaran IPS di SMP/MTs menjadi acuan dalam menentukan ruang lingkup materi, proses pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut terkait dengan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Baca Juga:

👉 RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
👉 RPP IPA Kelas 7 SMP Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2018/2019 Terbaru
👉 Silabus IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 Silabus IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs  Revisi 2017
👉 Silabus Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP K Revisi 2017


Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Ruang Lingkup IPS Pendidikan Dasar adalah organisasi sosial, warisan budaya, lingkungan, ruang, waktu, keberlanjutan, perubahan, sumber daya dan kegiatan ekonomi. Ruang lingkup mata pelajaran IPS di SMP/MTs, meliputi aspek-aspek sebagai berikut:

1. keruangan dan interaksi antarruang dalam lingkup nasional, ASEAN, dan Internasional;
2. dinamika interaksi sosial;
3. kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan bangsa; dan
4. perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia sejak zaman praaksara hingga masa sekarang.

Mengingat pentingnya peran RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 bagi para guru, maka akan sangat fatal apabila guru tidak menyusunnya. Sekarang mari memikirkan jawaban dari pertanyaan berikut: Apa sih yang membuat guru malas dalam menyusun RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Jawaban dari pertanyaan di atas sudah barang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.

Untuk membantu meringkan tugas para rekan guru khususnya guru mata pelajaran Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) dalam membuat dan menyusun RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai bahan rekomendasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran lainnya.


http://silabusk13.blogspot.com
RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Mata pelajaran IPS pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs dilanjutkan dan tidak terpisahkan dari mata pelajaran Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah pada jenjang SMA/MA. Oleh karena itu, pengembangan kompetensi Mata Pelajaran IPS SMP/MTs memperhatikan prinsip relevansi dan keberlanjutan (kontinuitas) dari kompetensi yang telah diberikan sebelumnya.

Khusus dalam pembelajaran IPS SMP/MTS sebagaimana Peta Kompetensi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas I – XII, kompetensi itu dicapai secara bertahap dalam tingkat perkembangannya mulai dari kelas VII sampai dengan IX. Pada Kelas VII-IX, kompetensi mata pelajaran IPS SMP/MTs dirumuskan sebagai berikut:

a. peserta didik pada kelas VII dan VIII diharapkan memahami konsep ruang dan interaksi antarruang dalam lingkup nasional dan ASEAN serta pengaruhnya terhadap kehidupan, dinamika interaksi sosial budaya dan kegiatan ekonomi dalam mendukung keberlanjutan kehidupan masyarakat, perubahan dan kesinambungan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa praaksara sampai masa pergerakan kebangsaan.
b. peserta didik pada kelas IX diharapkan memahami konsep ruang dan interaksi antarruang pada lingkup global, perubahan sosial, budaya, dan ketergantungan ekonomi dalam menghadapi arus globalisasi, perubahan dan kesinambungan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kemerdekaan sampai masa reformasi.

KI dan KD mata pelajaran IPS di SMP/MTs menjadi acuan dalam menentukan ruang lingkup materi, proses pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut terkait dengan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Baca Juga:

👉 RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
👉 RPP IPA Kelas 7 SMP Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2018/2019 Terbaru
👉 Silabus IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 Silabus IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs  Revisi 2017
👉 Silabus Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP K Revisi 2017


Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Ruang Lingkup IPS Pendidikan Dasar adalah organisasi sosial, warisan budaya, lingkungan, ruang, waktu, keberlanjutan, perubahan, sumber daya dan kegiatan ekonomi. Ruang lingkup mata pelajaran IPS di SMP/MTs, meliputi aspek-aspek sebagai berikut:

1. keruangan dan interaksi antarruang dalam lingkup nasional, ASEAN, dan Internasional;
2. dinamika interaksi sosial;
3. kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan bangsa; dan
4. perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia sejak zaman praaksara hingga masa sekarang.

Mengingat pentingnya peran RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 bagi para guru, maka akan sangat fatal apabila guru tidak menyusunnya. Sekarang mari memikirkan jawaban dari pertanyaan berikut: Apa sih yang membuat guru malas dalam menyusun RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Jawaban dari pertanyaan di atas sudah barang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.

Untuk membantu meringkan tugas para rekan guru khususnya guru mata pelajaran Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) dalam membuat dan menyusun RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai bahan rekomendasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran lainnya.

DOWNLOAD JUGA DI SINI



Demikianlah Artikel RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sekianlah artikel RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan alamat link http://pnsohpns.blogspot.com/2018/09/rpp-ilmu-pengertahuan-sosial-ips-kelas.html

Subscribe to receive free email updates: