RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017 - Hallo sahabat Pns oh Pns, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
link : RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

Baca juga


RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

silabusk13.blogspot.com
RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi pokok : Teks Berita
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 6 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsurteks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaanteks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca berita
4.1 Menyimpulkanisidari berita(membanggakan dan memotivasi) yang dibacadan didengar
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk beritasecara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,atauaspek lisan (lafal, intonasi,mimik, kinesik).

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian teks berita
3.1.2 Menganalisis Unsur-unsur berita (5 W+1H)
3.1.3 Menganalisis Ringkasan dan penyimpulan berita.
3.1.4 Menganalisis Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.
3.1.5 Mengidentifikasi Tanggapan terhadap isi berita.
3.1.6 Menganalisis unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2.1 Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Kepala berita
3.2.2 Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Tubuh berita
3.2.3 Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Ekor Berita
3.2.4 Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaan teks berita.
3.2.5 Menganalisis Bahasabaku dan tidak baku (pengayaan)
4.1.1 Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.
4.2.1 Menyajikan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

C. Tujuan pembelajaran
Pertemuan pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Memahami Pengertian teks berita
Pertemuan kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Mengetahui Unsur-unsur berita (5 W + 1H)
Pertemuan ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Mengetahui Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.
Pertemuan keempat
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Mengetahui Struktur teks berita yang meliputi Kepala berita
Pertemuan kelima
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.
Pertemuan keenam
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Membuatisi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Soal bocor, UN di ulang
b. Konsep
Pengertian Teks Berita
c. Prinsip
Sruktur Teks Berita
d. Prosedur
Menyusun teks Berita


E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                 Guru Mata Pelajaran


…………………………………      ………………………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.

Baca Juga :

RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017


silabusk13.blogspot.com
RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi pokok : Teks Berita
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 6 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsurteks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaanteks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca berita
4.1 Menyimpulkanisidari berita(membanggakan dan memotivasi) yang dibacadan didengar
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk beritasecara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,atauaspek lisan (lafal, intonasi,mimik, kinesik).

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian teks berita
3.1.2 Menganalisis Unsur-unsur berita (5 W+1H)
3.1.3 Menganalisis Ringkasan dan penyimpulan berita.
3.1.4 Menganalisis Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.
3.1.5 Mengidentifikasi Tanggapan terhadap isi berita.
3.1.6 Menganalisis unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2.1 Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Kepala berita
3.2.2 Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Tubuh berita
3.2.3 Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Ekor Berita
3.2.4 Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaan teks berita.
3.2.5 Menganalisis Bahasabaku dan tidak baku (pengayaan)
4.1.1 Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.
4.2.1 Menyajikan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

C. Tujuan pembelajaran
Pertemuan pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Memahami Pengertian teks berita
Pertemuan kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Mengetahui Unsur-unsur berita (5 W + 1H)
Pertemuan ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Mengetahui Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.
Pertemuan keempat
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Mengetahui Struktur teks berita yang meliputi Kepala berita
Pertemuan kelima
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.
Pertemuan keenam
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Membuatisi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Soal bocor, UN di ulang
b. Konsep
Pengertian Teks Berita
c. Prinsip
Sruktur Teks Berita
d. Prosedur
Menyusun teks Berita


E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                 Guru Mata Pelajaran


…………………………………      ………………………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.

Baca Juga :

RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

DOWNLOAD JUGA DI SINI



Demikianlah Artikel RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

Sekianlah artikel RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017 dengan alamat link http://pnsohpns.blogspot.com/2018/10/rpp-bahasa-indonesia-kelas-viii-smpmts.html

Subscribe to receive free email updates: