RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017 - Hallo sahabat Pns oh Pns, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
link : RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

Baca juga


RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

silabusk13.blogspot.com
RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Prakarya Aspek Budidaya
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Komoditas Ternak Kesayangan
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP (2Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Memahami komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.1 Menentukan komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
3.1.2 Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
3.1.3 Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4.1.1 Menentukan jenis-jenis kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4.1.2 Menentukan jenis-jenis pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat
4.1.3 Menyajikan hasil dan menentukan Jenis dan persyaratan hidup ternak kesayangan

C. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran Komoditas Ternak Kesayangan ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta mampu:
• Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
• Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
• Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
kelinci,
hamster,
burung,
ayam hias,
reptil,
kucing,
dan lain-lain
2. Konsep
Ternak yang ada saat ini bermula dari hewan hewan yang liar. Manusia melakukan penjinakan (domestikasi) karena adanya kepentingan terhadap hewan liar tersebut. Beberapa hewan dipelihara sebagai sumber bahan baku industri, atau sebagai pembantu pekerjaan manusia. Selain itu, hewan ternak juga dapat berfungsi sebagai hewan peliharaan karena ciri khas/keunikan yang dimilikinya. Suara yang unik, bulu yang halus dan indah, perilaku yang lucu, merupakan alasan seseorang memelihara ternak tersebut. Hewan yang dipelihara karena kekhasan dan keunikan inilah yang disebut ternak hias.
3. Prinsip
Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4. Prosedur
Menentukan jenis-jenis kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Menentukan jenis-jenis pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat
Menyajikan hasil dan menentukan Jenis dan persyaratan hidup ternak kesayangan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Ceramah, Diskusi/Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
 

1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
? Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran

……………………………              ………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.


Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

Baca Juga:

RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017


silabusk13.blogspot.com
RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Prakarya Aspek Budidaya
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Komoditas Ternak Kesayangan
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP (2Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Memahami komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.1 Menentukan komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
3.1.2 Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
3.1.3 Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4.1.1 Menentukan jenis-jenis kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4.1.2 Menentukan jenis-jenis pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat
4.1.3 Menyajikan hasil dan menentukan Jenis dan persyaratan hidup ternak kesayangan

C. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran Komoditas Ternak Kesayangan ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta mampu:
• Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
• Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
• Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
kelinci,
hamster,
burung,
ayam hias,
reptil,
kucing,
dan lain-lain
2. Konsep
Ternak yang ada saat ini bermula dari hewan hewan yang liar. Manusia melakukan penjinakan (domestikasi) karena adanya kepentingan terhadap hewan liar tersebut. Beberapa hewan dipelihara sebagai sumber bahan baku industri, atau sebagai pembantu pekerjaan manusia. Selain itu, hewan ternak juga dapat berfungsi sebagai hewan peliharaan karena ciri khas/keunikan yang dimilikinya. Suara yang unik, bulu yang halus dan indah, perilaku yang lucu, merupakan alasan seseorang memelihara ternak tersebut. Hewan yang dipelihara karena kekhasan dan keunikan inilah yang disebut ternak hias.
3. Prinsip
Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4. Prosedur
Menentukan jenis-jenis kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Menentukan jenis-jenis pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat
Menyajikan hasil dan menentukan Jenis dan persyaratan hidup ternak kesayangan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Ceramah, Diskusi/Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
 

1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
? Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran

……………………………              ………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.


Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

Baca Juga:

RPP IPA Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

DOWNLOAD JUGA DI SINI



Demikianlah Artikel RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

Sekianlah artikel RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017 dengan alamat link http://pnsohpns.blogspot.com/2018/10/rpp-prakarya-dan-kewirausahaan-budidaya.html

Subscribe to receive free email updates: