RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Hallo sahabat Pns oh Pns, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
link : RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Baca juga


RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

silabusk13.blogspot.com
RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SD N/S
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : IV/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Permainan Bola Besar Sederhana dan Atau Tradisional
Sub Tema : Bolabasket
Alokasi Waktu : 4 JP (1 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

3.1.1 Mengidentifikasi teknik dasar bola basket
3.1.2 Menjelaskan teknik melempar bola basket
3.1.3 Menganalisis langkah-langkah melakukan lemparan bola dalam permainan bola basket
3.1.4 Menjelaskan teknik menangkap bola basket
3.1.5 Menganalisis langkah-langkah melakukan tangkapan bola dalam permainan bola basket

4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1.1 Melakukan praktik melempar dengan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket
4.1.2 Melakukan praktik menangkap bola dengan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan Mampu:
1 Menguasai teknik melempar dalam permainan bola basket
2 Menguasai teknik menangkap dalam permainan bola basket
3 Melakukan bermain basket serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri, pantang menyerah, memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

Baca Juga:


D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh cara melakukan mendang, menerima, menggiring dan menyundul boal
2. Konsep
Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.
3. Prinsip
Melakukan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket.
4. Prosedur
Melakukan praktik melempar dengan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket
Melakukan praktik menangkap bola dengan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket.

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific

F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1. Bola basket
2. Lapangan Basket
3. Pluit
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide Power Point)

G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa PJOK Kelas IV
2. Buku Petunjuk Guru PJOK Kelas IV
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Teknik melampar bola basket

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Teknik menangkap bola basket

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                       Guru Mata Pelajaran


…………………………                 ……………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.



silabusk13.blogspot.com
RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SD N/S
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : IV/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Permainan Bola Besar Sederhana dan Atau Tradisional
Sub Tema : Bolabasket
Alokasi Waktu : 4 JP (1 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

3.1.1 Mengidentifikasi teknik dasar bola basket
3.1.2 Menjelaskan teknik melempar bola basket
3.1.3 Menganalisis langkah-langkah melakukan lemparan bola dalam permainan bola basket
3.1.4 Menjelaskan teknik menangkap bola basket
3.1.5 Menganalisis langkah-langkah melakukan tangkapan bola dalam permainan bola basket

4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1.1 Melakukan praktik melempar dengan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket
4.1.2 Melakukan praktik menangkap bola dengan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan Mampu:
1 Menguasai teknik melempar dalam permainan bola basket
2 Menguasai teknik menangkap dalam permainan bola basket
3 Melakukan bermain basket serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri, pantang menyerah, memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

Baca Juga:


D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh cara melakukan mendang, menerima, menggiring dan menyundul boal
2. Konsep
Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.
3. Prinsip
Melakukan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket.
4. Prosedur
Melakukan praktik melempar dengan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket
Melakukan praktik menangkap bola dengan variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola basket.

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific

F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1. Bola basket
2. Lapangan Basket
3. Pluit
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide Power Point)

G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa PJOK Kelas IV
2. Buku Petunjuk Guru PJOK Kelas IV
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Teknik melampar bola basket

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Teknik menangkap bola basket

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                       Guru Mata Pelajaran


…………………………                 ……………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

DOWNLOAD JUGA DI SINI



Demikianlah Artikel RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sekianlah artikel RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan alamat link http://pnsohpns.blogspot.com/2018/10/rpp-pjok-kelas-4-sdmi-kurikulum-2013.html

Subscribe to receive free email updates: