RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Hallo sahabat Pns oh Pns, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
link : RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Baca juga


RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://silabusk13.blogspot.com
RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN/S
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : II/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Lambang Bilangan dan Nilai Tempat
Alokasi Waktu : 18 JP (6 Pertemuan)


A. Kompetensi IntiKompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
3.1.1 Memahami bilangan cacah
3.1.2 Memahami cara menentukan suatu bilangan yang sudah diketahui nilai tempatnya
3.1.3 Memahami nilai tempat
3.1.4 Mengidentifikasi nilai tempatpada suatu bilangan tertentu

4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
4.1.1 Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan berdasarkan cirinilai-nilai tempatnya
4.1.2 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat Menyebutkan dan Menuliskan berbagai bentuk bilangan sampai 999 serta mampu Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh cara membaca lambang bilangan
2. Konsep
Pernakah kalian membilang? Atau ketika mata pelajaran Olah Raga, Guru Olah Raga meminta kalian untuk membilang. Masih ingat? Ketika kalian berbaris, ketua kelas menyiapkan. Siap grak! Lencang kanan grak! Tegap grak! Membilang mulai! Gagah benar ketua kelas itu.Kalian semua pasti bisa. Nah, kalau mulai kecil sudah menjadi ketua, besok kalau sudah besar menjadi pemimpin. Misalnya: menjadi Kepala Desa, Camat Bupati, dan lain lain.
3. Prinsip
Membacadan menyajikanbilangan cacahdan lambangnyaberdasarkannilai tempat denganmenggunakan model konkret.
4. Prosedur
Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan berdasarkan cirinilai-nilai tempatnya
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
1. Bahan Tayang

G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa MATEMATIKA Kelas II
2. Buku Petunjuk Guru MATEMATIKAKelas II
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Modul lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

Baca Juga:


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir


3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN/S                                     Guru Mata Pelajaran

……………………                           ………………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.


http://silabusk13.blogspot.com
RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN/S
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : II/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Lambang Bilangan dan Nilai Tempat
Alokasi Waktu : 18 JP (6 Pertemuan)


A. Kompetensi IntiKompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
3.1.1 Memahami bilangan cacah
3.1.2 Memahami cara menentukan suatu bilangan yang sudah diketahui nilai tempatnya
3.1.3 Memahami nilai tempat
3.1.4 Mengidentifikasi nilai tempatpada suatu bilangan tertentu

4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
4.1.1 Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan berdasarkan cirinilai-nilai tempatnya
4.1.2 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat Menyebutkan dan Menuliskan berbagai bentuk bilangan sampai 999 serta mampu Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh cara membaca lambang bilangan
2. Konsep
Pernakah kalian membilang? Atau ketika mata pelajaran Olah Raga, Guru Olah Raga meminta kalian untuk membilang. Masih ingat? Ketika kalian berbaris, ketua kelas menyiapkan. Siap grak! Lencang kanan grak! Tegap grak! Membilang mulai! Gagah benar ketua kelas itu.Kalian semua pasti bisa. Nah, kalau mulai kecil sudah menjadi ketua, besok kalau sudah besar menjadi pemimpin. Misalnya: menjadi Kepala Desa, Camat Bupati, dan lain lain.
3. Prinsip
Membacadan menyajikanbilangan cacahdan lambangnyaberdasarkannilai tempat denganmenggunakan model konkret.
4. Prosedur
Menyajikan dan melaporkan hasil membentuk bilangan berdasarkan cirinilai-nilai tempatnya
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lambang bilangan dan nilai tempat.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
1. Bahan Tayang

G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa MATEMATIKA Kelas II
2. Buku Petunjuk Guru MATEMATIKAKelas II
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Modul lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

Baca Juga:


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir


3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN/S                                     Guru Mata Pelajaran

……………………                           ………………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.

DOWNLOAD JUGA DI SINI



Demikianlah Artikel RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sekianlah artikel RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel RPP Matematika Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan alamat link http://pnsohpns.blogspot.com/2018/10/rpp-matematika-kelas-2-sdmi-kurikulum.html

Subscribe to receive free email updates: